Legalisir Kutipan Akta nikah (surat nikah) di luar propinsi

Kutipan Akta nikah atau surat nikah, seringkali dibutuhkan sebagai syarat dalam pengurusan suatu dokumen. Antara lain sebagai syarat pengurusan Akta kelahiran anak.  Dalam persyaratan tersebut biasanya yang diminta adalah fc surat nikah yang telah dilegalisasi atau dilegalisir pejabat yang berwenang. Biasanya legalisasi surat nikah di KUA tempat surat nikah tersebut terbit. Lain halnya kalau kita berada di beda kecamatan. Beda kota atau bahkan di beda provinsi tempat surat nikah tersebut terbit.

Karena suatu kebutuhan akan legalisir surat nikah. Maka pergilah ke KUA pontianak selatan kota pontianak, kebetulan domisili dan ktp istri di wilayah kecamatan pkntianak selatan. Cuzzz berangkatlah ke kua pontianak selatan. Dengan berbekal google map, karena belum pernah ke sana. Sampailah ke kua ponyianak selatan yang tempatnya masuk ke gang. Untung googlemapnya tepat. Jadi gak pake acara kesasar.

“Assalamualaikum pak”. Lgsg disambut bapak2 pegawainya “ada apa pak” “gini mau legalisir surat nikah, tapi dulu nikahnya tidak di sini.” Lalu dilihatlah fcan surat nikahnya. Lalu si bapak bilang “ow dari Bandung ya. Kalau dari luar Propinsi legalisirnya ke kanwil kemenag pak. Di bagian bimas (bina masyarakat)” “Dimana pak kantornya”, maklum saya dan istri belum tau tempatnya. Padahal kita sering lewat juga depan kantor tersebut. Lalu di kasih tau tempatnya sama bapak tsb. Di sebelah kiri rumah adat melayu tepatnya di samping kiri kantor bps kalbar.

Akhirnya cuz lagi ke kanwil kemenag. Setelah tidak lupa mengicapkan terima kasih dan salam pada bapak pegawai kua.

Sampai di kanwil kemenag lgsg ke loby nanya ama mas2 di situ dimana ruangan bimas agama islam. Ditunjukin letaknya di lantai dua bagian sayap kanan belakang. Sampai atas bingung dimana nih ruangannya kok gak ada tulisan bimas islam. Kalo bimas agama lain ada dan itu di lantai bawah. Ternyata nama resminta sekarang bukan bimas islam tapi. Biuis dan binsyar. Kebetulan di pintunya di tempel syarat2 legalisir suraat nikah.

Masuk lah ke ruangan salam dan nanya mau legalisir surat nikah dimana, karena banyak meja di dalamnya dan ada bbrpa urusan ada urusan setifikasi halal. Urusan pengembangan masjid urusan Syariah. Akhirnya diterima di meja paling deket pintu masuk. Kasihkan fc surat nikah, Sama fc ktp dibaca bentar ditanya suratnikah yang asli. Terus surat nikah asli di periksa kabidnya. Setelah bilang oke ke stafnya tersebut di cap dulu dg tulisan sudah diperiksa dst. Terus ditandatangani dan selesai. Sambil mengisi buku tamu sama buku daftar legalisir surat nikah. Kelar dah cepet gak bertele2 ternyata. Terus tanya pada bapaknya brp biaya administrasinya. Bapaknya bilang tidak pake biaya administrasi. Akhirnya ucapan teria kasih dan salam trus cus . Selesai.

P_20170703_102337.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s