Virus Singapura

Akhir-akhir ini setelah SARS dan flu burung, di masyarakat banyak diperbincangkan tentang flu singapura atau lebih tepatnya virus singapura. Walaupun terkenal dengan sebutan flu singapura atau virus singapura tetapi awalnya penyakit ini pertama kali dideteksi di Toronto, Kanada. Sebenarnya penyakit ini bukan wabah baru, tetapi sudah diketahui sejak tahun 1957 di Toronto, Kanada. Tahun 1980-an, penyakit itu muncul di Belanda, Amerika, Australia, Swedia, Bulgaria, Hongaria, Jepang, Hongkong, China, dan Singapura. Tahun 1997-1999, Malaysia dan Taiwan terserang, diikuti dengan wabah di Singapura pada tahun 2000. Di Indonesia terkenal dengan sebutan flu singapura mungkin karena banyak yang tertular waktu ada wabah di Singapura.

Flu Singapura adalah penyakit berjangkit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae (bahasa Spanyol Pico:kecil), Genus Enterovirus (non Polio). Dalam dunia kedokteranFlu Singapura dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit KakiTangan, dan Mulut (KTM). Di dalam Genus Enterovirus terdiri dari virus CoxsackieA, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. Penyebab KTM yang paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71. Berbagai enterovirus dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. KTM adalah penyakit umum yang menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun (kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus. Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui dropletair liurtinjacairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontaktidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tak ada vaktor tapi ada pembawa seperti lalat dan kecoa. Penyakit KTM ini mempunyai imunitas spesifik, namun anak dapat terkena KTM lagi oleh virus strain enterovirus lainnya. Masa inkubasinya sekitar 2-5 hari. Sementara untuk waktu terekspos sampai terkena penyakit 3-7 hari.

Kita lalu bertanya-tanya seperti apa sih anak yang terkena serangan virus singapura. Beberapa gejala yang bisa kita jadikan pedoman antara lain

  1. Demam tidak tinggi selama 2-3 hari
  2. Nyeri di tenggorokan (pharingitis)
  3. Tidak nafsu makan
  4. Pilek
  5. Ruam didaerah mulut tangan dan kaki, mungkin juga bagian popok
  6. Adanya bula (vesikel) di mulut yang kemudian pecah sehingga menjadi  ulcus di mulut sehinga terasa nyeri dan susah untuk menelan
  7. Timbul ruam di tangan dan kaki kadang disertai bula yang tidak gatal.
  8. Bila terjadi muntah, diare sampai dehidrasi ataupun ada komplikasi lain maka penderita harus dirawat

 

Jenis virus tertentu gejalanya dapat lebih parah yaitu :

  1. Demam tinggi lebih dari 38°C selama 2 hari
  2. Demam yang tidak turun-turun
  3. Ada gejala flu,
  4.  sesak napas, kejang-kejang,
  5. ulkus, seriawan pada rongga mulut, lidah, dan kerongkongan.
  6. Kejang-kejang
  7. Letih lesu dehidrasi

Jika timbul gejala seperti ini harap sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena dapat menyebabkan kematian. Tempo pengasingan yang disarankan adalah hingga lepuh kering.

Sebagaimana penyakit yang disebabkan virus, sebetulnya kalau kondisi tubuh fit, penyakit ini akan sembuh sendiri dalam 7-10 hari. Tetapi bila terdapat tanda- tanda seperti diatas maka kita patut waspada, segera konsultasikan dengan dokter keluarga anda supaya mendapat penanganan yang cepat dan tepat.

Sebaik-baiknya pengobatan tentu lebih baik adalah tindakan pencegahan. Mencuci tangan dengan teliti terutama setelah membersihkan hidung, menggunakan toilet atau mengganti popok. Membersihkan seluruh bagian tangan dan kaki terutama bagian kuku yang sering menjadi sarang bagi kuman.

 

Reff

http://id.wikipedia.org/wiki/Flu_Singapura

http://www.infeksi.com/articles.php?lng=in&pg=44

http://news.xinhuanet.com/english/2009-04/10/content_11165126.htm

http://teknologitinggi.wordpress.com/2011/04/12/cara-mengatasi-virus-coxsackie-atau-flu-singapura-penyebab-penyakit-kaki-tangan-mulut/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s